Nabi Juga Meminta Pertolongan Pada Allah

Nabi adalah sosok manusia terpilih yang diberi tugas menyampaikan risalah Allah kepada umat manusia pada zamannya. Proses penyampaian ini tentunya membutuhkan waktu yang panjang. Rintangan yang dihadapi pun tidak kecil karena tidak setiap manusia dengan serta merta menerimanya. Karena itulah Allah memilih orang-orang yang punya kecerdasan lebih di atas rata-rata manusia pada umumnya dan memiliki kekuatan fisik di atas standar sebagai nabi. Sebut saja nabi Musa as. Dalam surat Al qashash ayat 15, ketika Musa memukul salah satu dari dua orang laki-laki yang berkelahi hingga tewas. Ini menandakan bahwa Musa as mempunyai fisik yang kuat dan berbadan besar. Demikian juga, Allah meng-anugerahkan akal yang cerdas kepada nabi Yusuf as. Ketika diberi amanah untuk menjabat sebagai bendaharawan mesir Yusuf as mampu menjalankannya dengan baik. Allah pun mengabadikan kisah Yusuf ini dalam surat tersendiri yaitu surat Yusuf.

Meskipun mereka adalah orang-orang yang berkemampuan lebih namun tidak menjadikan mereka lupa kepada Allah. Para nabi senantiasa berdoa kepada Allah swt baik ketika menghadapi kesulitan maupun saat meminta pertolongan. Dan Allah pun menjawab doa-doa itu dengan pertolongan yang dapat menyelamatkan jiwa para Nabi. Dalam QS. Thaha ayat 25-28, Nabi Musa as memohon pertolongan kepada Allah agar melapangkan dadanya, mempermudah urusannya, melepaskan kekakuan lidahnya sebelum menemui Fir’aun untuk menyampaikan risalahNya. “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”. Ketika Ibrahim as dibakar hidup-hidup lantaran ia menghancurkan patung berhala milik kaum kafir,  Allah swt tidak tinggal diam. Ia menyelamatkannya. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al Anbiya’ ayat 69: “Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”.

Yunus as diselamatkan oleh Allah setelah berdoa ketika berada dalam perut ikan “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan.” (QS. Al Anbiyaa’: 87-88). Ketika Zakaria as menginginkan keturunan, Ia pun berdoa kepada Allah. “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.” Allah senantiasa mendengar dan mengabulkan doa hamba-hambaNya yang beriman. “Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung.”  (QS. Al Anbiya’: 89-90).

Dan kisah terakhir ini adalah doa Nabi Muhammad saw tatkala perang badar akan berlangsung “Allhumma ya Allah, Quraisy datang dengan segala kecongkakannya, hendak mendustakan Rasul-Mu. Ya Allah, pertolongan-Mu yang Engkau janjikan kepadaku. Ya Allah jika pasukan ini binasa, maka tidak ada lagi yang beribadat kepada-Mu.” Allah pun menjawab doa Rasulullah dengan memberikan kemenangan. Padahal kala itu pasukan kaum Muslimin hanya sepertiganya dari pasukan kaum kafir Quraisy. Tetapi bagi Allah hal ini sangatlah gampang. “Jika Allah menimpakan suatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karuniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendakiNya di antara hamba-hambaNya dan Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Yunus: 107).

Saudara pembaca yang dirahmati  Allah swt. Berjuang mengarungi hidup tidaklah mudah. Ada pasang surutnya. Kadang naik kadang turun. Kadang kita berada di puncak kejayaan kadang di di titik paling rendah. Namun hal itu tidak boleh menjadikan diri kita lupa kepada Allah. Pada saat berjaya jangan lupa bersyukur dan pada saat menghadapi cobaan mintalah pertolongan hanya kepada Allah swt sajalah. Sudah demikiankah kita?

Wallahua’lam. (sd)

About Admin (sd)
Seorang manusia pembelajar dan pemburu hikmah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: