Jangan Ada Permusuhan Hanya Karena Berbeda

Saudara, tentu kita pernah melihat pertandingan sepakbola. Entah itu di tingkat kampung, kabupaten atau bahkan nasional. Tak jarang  disuguhkan pertandingan yang ditonton oleh suporter yang penuh emosional. Bahkan suasana sudah terasa “panas” sebelum pertandingan berlangsung. Hal ini disebabkan para suporter sudah mempunyai dendam berlarut-larut antar suporter lain yang berbeda club jagoannya.  Saking semangatnya dalam memberikan dukungan kepada pemain kesayangannya, umpatan maupun cacian yang ditujukan untuk suporter lawan seringkali muncul. Merasa tidak terima dihina, umpatan balik pun melayang sebagai tanggapan negatif. Begitu seterusnya hingga suatu saat salah satu suporter berbuat anarki dengan cara melempar batu ke arah suporter lawan. Tak pelak lagi, pertikaian pun terjadi hingga meluas ke lapangan tempat pertandingan berlangsung. Wasit pun terpaksa menghentikan pertandingan.

Pemandangan seperti ini tidak hanya terjadi sekali dua kali saja namun berulangkali. Apa yang salah dengan mereka?Apakah hanya gara-gara beda kaos saja harus mengorbankan jiwa dan materi?

Menyikapi Perbedaan

Berbeda itu bukan sikap yang mesti dihindari. Sebab kita tak mungkin bisa menghindarkan diri dari perbedaan. Perbedaan tidak harus diseragamkan tetapi dikelola supaya menghasilkan harmoni atau keselarasan. Setiap kita harus bisa menahan diri, mengedepankan toleransi demi kepentingan umum, memperlakukan orang lain seperti diri sendiri dan tentunya jika ada permasalahan harus diselesaikan dengan jalan kompromi. Bukan dengan fisik. Sungguh indah harmonisasi yang ditunjukkan grup musik orkestra. Harmonisasi yang timbul bukan dari persamaan tetapi dari perbedaan. Meski berasal dari  alat musik berbeda, suara yang berbeda, peran yang berbeda, aksi yang berbeda, namun mampu menghasilkan suara yang merdu enak didengar. Inilah harmoni yang timbul dari perbedaan.

Satu lagi, seandainya perbedaan pandangan para suporter sepakbola bisa dikelola dengan baik maka pertandingan sepakbola Indonesia akan semakin bermutu dan tidak menutup kemungkinan Indonesia akan masuk sebagai kontestan piala dunia (sd).

About Admin (sd)
Seorang manusia pembelajar dan pemburu hikmah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: