Ustadz M. Fadlan, Cahaya Islam di Papua Semakin berkilau

Satu dari para dai pemberani tersebut adalah ustadz M. Zaaff Fadlan Rabbani Al-Garamatan. Namanya kini dikenal sebagai dai yang memiliki peran penting dalam dunia dakwah dan syiar Islam di tanah Papua. Tidaklah mudah berdakwah di tanah Papua. Tapi dengan keyakinan penuh kepada Allah Swt. dan mengikuti jejak dakwah Rasul Saw., Ustadz yang satu ini tetap tegar menghadapi semua kendala dan tantangan. Dibutuhkan waktu tidak sebentar untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada penduduk Papua. Ustadz Fadlan sendiri menghabisakan sampai puluhan tahun untuk dapat mengislamkan orang-orang Papua. Ya, mengislamkan sebanyak mungkin orang Irian adalah cita-cita tertingginya.

Banyak hikmah yang dapat diambil dari sepak terjang dakwah Ustadz Fadlan di tanah Papua. Demi dakwah, beliau rela berjalan kaki dari satu tempat terpencil ke tempat terpencil lain selama berbulan-bulan. “Insya Allah, saya berjuang dan berdakwah seperti itu karena peduli kepada diri sendiri dan rekan-rekan seperjuangan (dakwah) di Papua. Kita patut mengangkat harkat martabat orang Fak-fak, Asmat, dan orang Irian lainnya,” ungkap sang ustadz. Lanjutnya, “Kita melihat saudara-saudara kita dibiarkan tidak berpendidikan, telanjang, mandi hanya tiga bulan sekali dengan lemak babi, dan tidur pun bersama babi. Kita harus mengubah perilaku mereka karena kalau dibiarkan hal itu sama saja dengan membiarkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia.”

Tempat pertama yang didakwahi Ustadz Fadlan adalah lembah Waliem, Wamena. Di daerah ini, ustadz Fadlan tidak lantas memberikan pemahaman tentang Islam secara langsung. Terlebih dahulu, beliau memperkenalkan konsep kebersihan dalam Islam. “Dengan menjelaskan konsep kebersihan sebagian dari iman, saya mengajarkan mandi besar kepada salah seorang kepala suku. Alhamdulillah, ternyata ajaran itu disambut positif oleh sang kepala suku. Pemahaman tentang mandi dengan air dan memakai sabun menjadi awal pendekatan yang baik,” ungkap warga asli pulau Cendrawasih ini berapi-api. Setelah kepala suku, hal serupa diperkenalkan kepada 3.720 orang anggota suku.

Setelah pendekatan ini berhasil, mereka diberi pemahaman tentang ajaran Islam hingga akhirnya mau bersyahadat dan melakukan ibadah shalat. Tidak hanya itu, Ustadz Fadlan pun menanamkan pemahaman makna syahadat yang mereka ucapkan dan shalat yang mereka kerjakan. Niat yang kuat, tidak lekang oleh cobaan dan tantangan yang dihadapi, pada akhirnya membuahkan hasil yang luarbiasa. Tentunya Allah akan mencatatnya sebagai amal kebaikan. (sd).

(Disarikan dari: http://www.majalahpercikaniman.blogspot.com)..

About these ads

About Admin (sd)
Seorang manusia pembelajar dan pemburu hikmah

5 Responses to Ustadz M. Fadlan, Cahaya Islam di Papua Semakin berkilau

  1. ummutia says:

    Subhanallah, perjuangan yang membutuhkan tadhiyyah yang besar.Cerita-cerita seperti ini memang sebaiknya sering-sering kita angkat,termasuk perjuangan dakwah Rasulullah dan sahabat, baik dalam bentuk tulisan maupun di forum-forum pertemuan kita, agar semakin menambah ghiroh dan menambah motivasi kita dalam berdakwah… Bahwa sesungguhnya medan kita belumlah seberat mereka. Kita baru memberikan sedikit waktu, sedikit harta, dan sedikit tenaga.
    Jadi merenung kembali, “Apa yang sudah kuberikan untuk jalan dakwah ini?”

  2. Abi says:

    Semakin kecil diriki kalo mendengar cerita stadz M. Zaaff Fadlan Rabbani Al-Garamatan yang tegar. Tetap semangat ustadz, balasan yang besar menunggu ustadz di sisinya. Untuk admin salam kenal….nice blog

  3. Lia Izian says:

    Saya menangis mendengar cerita ustadz fadlan di TV Alhijrah Malaysia.. Betapa besar pengorbanan dan betapa kental jiwa beliau…Semoga Allah memberi kemudahan dan bantuan sepanjang perjuangan beliau mengembangkan agama Allah.. Amin.

  4. ashmun says:

    ada upload kat youtube tak pasal dakwah ust fadlan kt tv alhijrah ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: